My Reading Habit Lately - Mrs Bule

Monday 7 May 2018

My Reading Habit Lately


Ada yang berubah dari kebiasaan membaca gue belakangan ini. Dulu gue paling nyaman kalo baca buku dengan posisi telungkup, tapi sejalan dengan tambah gedenya perut ini jadi udah nggak bisa lagi, hiks. Sekarang kalo baca, posisinya harus duduk atau sambil tiduran dan senderan di bantal tinggi. Ini mengakibatkan pantat gue yang kurang lemak jadi pegal linu dan belakang kepala jadi terasa berat karena banyak rebahan. Alhasil kebiasaan dan frekuensi membaca pun berkurang padahal semangat membaca masih menggebu-gebu.

Another reading habit yang gue rasa berubah adalah I can't seem enjoy the book that I'm reading. Entah itu karena posisi membaca yang lagi enggak nyaman atau karena gue lagi membaca ulang novel-novel lama atau karena get distracted. Lately gue membaca kayak lagi dikejar deadline deh. Jadi kapan ada celah waktu, entah sambil suap Aria makan atau menunggu pasti gue selipin membaca. Akhirnya untuk menyelesaikan satu buku bisa dalam too many sitting. Mungkin inilah yang mengakibatkan gue nggak engaged into the story. Seems like I have to "make time" to read. Mencoba untuk tidurin Aria lebih cepat dan duduk barang satu atau dua jam untuk membaca sebelum tidur, daripada menunggu ngantuk sambil main HP.

Terus untuk selera baca. Pada dasarnya gue pelahap semua jenis buku, walau lebih condong ke fiksi. Semenjak jadi silent reader di Bookstagram dan Booktube, gue lagi semangat dengan genre Fantasy karangan luar. Belakangan ini gue lagi semangat-semangatnya mau review buku di Blog ini, cuma bahannya nggak ada. Rasanya nggak pingin-pingin amat review buku itu-itu doang. Jadi akhirnya gue berniat untuk mencoba keluar dari zona nyaman gue dan mulai membeli atau membaca buku yang buat gue tertarik dari pick it up in bookstore, read the blurb and decide to get it or not. Jujur aja gue nggak inget kapan terakhir kali beli buku bukan karena godaan dari Bookstagram atau Booktube. Tapi bukan bearti jadi nggak akan pernah beli atau baca buku genre favorit gue, tapi untuk membuatnya lebih bervariasi. Bagus juga kali untuk isi kepala gue biar nggak ngayal-ngayal amat. So, let's see this weekend.

So, ini beberapa reading habit gue yang perlu gue tinjau ulang lagi. Hopefully I could feel better about myself.



4 comments:

  1. Nah, itu dia baca buku yang keputus-putus itu sungguh nggak nikmaaatt..lupa sampai mana bacanya, lupa apa isinya yg depan,...makanya sejak punya anak ini aku hampir nggak pernah baca buku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Mbak. Maunya kalo meresapi ceritaa harus baca sekali duduk atau dua-tiga kali ya.

      x

      Delete
  2. Sha juga udah mulai jarang baca buku nih mbak, sekarang lebih seneng bw. bacain blog orang. Kalau pun buku lebih suka ebook :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku udah pernah coba-coba baca pake ebook tapi enggak sreg haha. Emang doyannya baca buku langsung cuma ya gitu jadi main tarik-tarikan ama anak deh haha

      x

      Delete